Seperti Apa Perkembangan Startup Fintech Di Indonesia?

Posted by KarimGanas on 19.08 in ,

 

               Di jaman seperti sekarang, anda pasti pernah mendengar kata-kata “fintech”. Mungkin anda membacanya di koran, di kanal-kanal berita ataupun di media lainnya. Dengan nama lain financial technology, layanan ini menjadi sebuah inovasi dalam sistem keuangan yang ada di Indonesia. Anda pasti pernah menggunakan financial technology secara sadar atau tanpa sadar, misalnya saja berbelanja online di sebuah e-commerce, lalu melakukan pembayaran dengan menggunakan mobile banking. Keduanya, e-commerce dan mobile banking termasuk ke dalam financial technology. Tentu anda merasakan kemudahan selama proses transaksi berlangsung.

                Untuk pengertian fintech sendiri, financial technology berasal dari dua kata, yaitu finansial dan teknologi. NDRC atau National Digital Research Centre menjelaskan bahwa financial technology adalah sebuah inovasi pada bidang finansial yang mana inovasi tersebut berasal dari sentuhan teknologi yang modern. Sehingga dengan adanya financial technology diharapkan bisa memberikan proses transaksi keuangan yang lebih praktis dan juga lebih aman. Proses transaksi yang dimaksud meliputi proses peminjaman uang, proses pembayaran, proses transfer dan juga termasuk proses jual-beli saham.

                Dari konsep financial technology, mulai bermunculan startup penggerak dalam bidang ini. Di berbegai negara termasuk Indonesia, startup bidang financial technology menjadi sebuah tren tersendiri. Di Indonesia, hingga saat ini sudah banyak startup fintech OJK. Beberapa contoh startup bidang financial technology yang ada di Indonesia adalah Veritrans, Kejora, Pinjam, Doku, UangTeman, Bareksa dan CekAja. Masing-masing startup tersebut memang pada bidang yang sama, namun dalam kategori yang berbeda-beda. Seiring perkembangan startup financial technology, di tahun 2015 didirikan Asosiasi Perusahaan Teknologi Finansial yang bernama FinTech Indonesia.

                Seperti yang disebutkan diatas, setiap startup financial technology berada pada kategori yang berbeda-beda, sehingga memberikan layanan yang berbeda pula. Contohnya saja ada startup yang berfokus pada bisnis mikro seperti pembayaran tagihan-tagihan, penjualan pulsa maupun layanan keuangan lainnya. Namun ada juga startup yang berfokus pada penyediaan payment gateway sehingga memudahkan segala urusan pembayaran.

                Lalu apa saja manfaat dari startup - startup financial technology yang terus bermunculan di Indonesia?

·         Layanan finansial menjadi lebih mudah

Proses transaksi keuangan menjadi jauh lebih mudah. Selain itu nasabah atau konsumen juga mendapatkan berbagai layanan keuangan seperti peminjaman uang, transfer ke bank lain, pembayaran maupun jual-beli saham. Dengan kemudahan transaksi membuat nasabah atau konsumen dapat melakukannya di rumah hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet.

 

·         Rantai transaksi keuangan menjadi lengkap

Bagi perekonomian Indonesia, segala transaksi menjadi lebih mudah, tidak hanya menjadi lebih praktis namun juga lebih aman karena sudah dilengkapi dengan sistem keamanan cyber yang bagus. Nah, financial technology di sini bukan menjadi pengganti bank konvensional, melainkan menjadi pelengkap dalam rantai transaksi keuangan.