Tips Cerdas Memilih Kacamata Safety 3M

Posted by KarimGanas on 23.14 in , ,


Jika Anda adalah salah satu orang yang bekerja dan matanya rentan rusak karena terkena partikel benda yang berbahaya. Maka di sini Anda membutuhkan kacamata safety dari 3M. jenis kacamata ini akan sangat membantu keselamatan Anda terutama untuk menjaga organ mata dari kerusakan. Nah, di bawah ini akan disampaikan beberapa informasi mengenai kacamata ini.

Jenis-Jenis Kacamata Safety

1.        Overspecs

Ini adalah salah satu jenis kacamata yang paling banyak digunakan oleh para pekerja yang kerja di bidang konstruksi bangunan ataupun laboratorium. Kacamata yang satu ini memiliki lensa yang cukup besar dan bahkan transparan. Dengan menggunakan kacamata ini, maka para pekerja bisa memberikan perlindungan pada daerah mata dan sekitarnya pada saat melaksanakan tugas.

2.        Spectacles

Jenis kacamata safety yang kedua adalah kacamata spectacles. Dibandingkan dengan kacamata lainnya, kacamata yang satu ini memiliki desain yang paling standar. Bentuk kacamata ini bahkan mirip dengan kacamata biasa.

Hanya saja ia memiliki ketebalan lensa yang tinggi. Adapun fungsi kacamata ini digunakan untuk menghindari mata dari benturan benda tumpul dan paparan sinar ultraviolet.

3.        Welding

Jenis kacamata berikutnya adalah kacamata welding. Kacamata yang satu ini digunakan untuk mengatur banyaknya intensitas cahaya yang masuk ke mata. Biasanya kacamata ini digunakan oleh para pekerja yang bergerak pada bidang pengelasan.

Fungsi kacamata ini digunakan untuk melindungi mata dari kilatan sekaligus mengantisipasi terkena percikan api. Adapun warna lensa kacamata ini gelap. Biasanya warna yang digunakan adalah warna hitam.

4.        Visor

Jenis kacamata berikutnya yang bisa Anda miliki adalah kacamata visor. Ini adalah salah satu jenis kacamata yang akan memberikan perlindungan ekstra pada penggunanya. Bahkan, lensa pada kacamata ini tidak hanya melding area mata, namun seluruh wajah ho. Tidak hanya itu, kacamata yang satu ini juga dilengkapi dengan ear pada yang digunakan untuk meredam suara bising.

5.        Face Shields

Jika dilihat dari desainnya, jenis kacamata yang satu ini desainnya mirip dengan kacamata visor. Hanya saja pada kacamata ini tidak dilengkapi dengan ear pad yang digunakan untuk melindungi telinga. Jika dilihat, tampilan fisik kacamata ini juga mirip dengan helm kendaraan bermotor lho. Kacamata ini akan membantu Anda melindungi diri serpihan benda tajam.

Tips Memilih Kacamata Safety 3M yang Tepat

Di bawah ini adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika memilih kacamata safety.

1.             Bahan lensa

Perlu Anda tahu bahwa lensa kacamata safety itu beragam. Jika Anda memilih kacamata safety ada baiknya jika memilih lensa yang berkualitas dan memiliki kekuatan. Jenis lensa yang baik akan lebih melindungi mata Anda dengan lebih baik juga. Adapun jenis lensa yang baik adalah lensa yang berbahan dasar polikarbonat dan trivex.

2.        Struktur wajah

Dalam memilih kacamata, Anda juga harus memperhatikan struktur wajah. Pilihlah kacamata yang sesuai dengan struktur wajah Anda. Apalagi ini adalah lensa safety dimana lensa ini tidak boleh longgar sehingga aman saat digunakan.

3.        Ukurannya yang nyaman

Setiap orang memiliki ukuran wajah yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, dalam memilih kacamata safety Anda juga harus memperhatikan ukurannya. Tidak hanya ukuran saja, pastikan juga jika kacamata yang Anda gunakan ini nyaman.

4.        Harga dan masa pemakaian

Ingat, kacamata safety tidak bisa digunakan selamanya. Kacamata yang berkualitas akan lebih tahan lama dibandingkan yang tidak. Apalagi siapa saja juga bisa mengalami kecelakaan kerja kapan saja. Oleh sebab itu, perhatikan juga masa pemakaian kacamata. Selain itu, dalam memilih kacamata, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Dengan memperhatikan tips memilih kacamata safety 3M di atas, Anda bisa menemukan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk lindungi mata anda dengan menggunakan kacamata safety. Ini karena keselamatan Anda adalah nomor satu.