Miliki Fisik Spesial, Bang Dzoel Mampu Buktikan Karyanya Mendunia

Posted by KarimGanas on 00.09 in , ,


Keterbatasan fisik tidak mengecilkan niat seseorang untuk meraih kesuksesannya. Seperti yang dilakukan Achmad Dzulkarnain atau yang biasa disapa Bang Dzoel. Kegigihan yang dimiliki dalam menggeluti profesinya layak diberi penghargaan dari Asuransi Syariah Indonesia.

Awal Karir Bang Dzoel

Profesi yang kini digelutinya sudah dimulai sejak lima tahun lalu dan berawal dari belajar mengoperasikan kamera DSLR milik warnet tempat ia dulu bekerja. Ia membantu orang yang  ingin membuat KTP dengan kamera DSLR yang dipinjamnya. Dari situlah ia menemukan feel sebagai fotografer.

Tak berhenti di situ, Bang Dzoel mulai mempelajari bidang fotografi melalui Google dan YouTube. Ia semakin mahir mengoperasikan kameranya. Hingga suatu hari, ia diberi kesempatan untuk bertemu dengan fotografer gaek Darwis Triadi. Bang Dzoel mendapatkan beasiswa darinya untuk menempuh pendidikan sebagai fotografer di Jakarta selama setahun.

Bang Dzul semakin piawai dalam mengabadikan momen lewat kameranya. Ia mulai mendapat uang dari hasil kerjanya sebagai fotografer. Ia pun juga semakin kebanjiran job dengan diundang di stasiun TV dan sekolah. Ada suka dan duka yang dialaminya selama menjalani profesi. Salah satunya pernah terjatuh dari  tebing dengan ketinggian 10 meter dan mengalami luka parah. 

Suka Duka Bang Dzoel

Sebelum ia meraih  kesuksesannya, ia memiliki kisah kelam bahwa ia pernah memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena putus asa terhadap fisiknya. Tak main-main, tiga kali ia mencoba hal tersebut namun selalu gagal dan dapat melanjutkan hidup hingga sekarang. Kini ia sadar, keterbatasan fisik yang dimilikinya pasti memiliki makna hanya saja ia belum menemukannya.

Fisik spesial yang dimilikinya terbilang sulit untuk meraih sukses lewat jalan fotografer. Tombol di kamera perlu jari-jari untuk menekannya, sedangkan Bang Dzoel tidak memiliki tangan dan kaki yang sempurna. Bang Dzoel menggunakan bibir untuk menekan tombol on dan off. Sedangkan untuk menekan tombol shutter, ia memanfaatkan tangannya yang kecil. 

Awalnya memang cukup sulit, namun karena terbiasa dilatih akhirnya sekarang ia terampil dalam menggunakan kamera. Keterampilannya dalam menangkap gambar dapat mengantarkan karyanya lebih dikenal mancanegara.  Banyak media Internasional yang memuat tentang pencapaian yang pernah diraihnya. Salah satunya Al Jazeera yang memuat profil Bang Dzoel. 

Menginspirasi Kaum Difabel

Kesuksesan yang diraih Bang Dzoel telah membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih siapapun tanpa memandang  fisik. Kuncinya hanya gigih, kegigihan yang ditunjukkan Bang Dzoel seperti ia harus mencicil selama 18 bulan untuk memiliki kamera pertamanya. Selain itu, ia juga tetap beraktivitas kesehariannya layaknya orang normal. 

Pesan Bang Dzoel untuk kaum difabel agar menghapuskan pandangan bahwa diri kita adalah cacat jika ingin melakukan yang terbaik. Tidak  harus memiliki fisik yang sempurna untuk menjadi yang terbaik sesuai dengan apa yang bisa dilakukan. Ia selalu menguatkan mental teman-teman difabel di berbagai kesempatan seperti berbagi inspirasi di kampus dan komunitas.

Asuransi Syariah 

Tokoh seperti Bang Dzoel sangat menginspirasi tidak hanya untuk kaum difabel tapi juga untuk kaum yang normal. Tidak semua orang bisa melakukan seperti yang Bang Dzoel lakukan. Maka dari  itu, ia sangat pantas untuk mendapatkan apresiasi dari program #AwaliDenganKebaikan yang diselenggarakan oleh Asuransi Syariah Allianz berupa hadiah Umroh ke tanah suci.

Asuransi Syariah Allianz juga menawarkan produk Asuransi Syariah menarik yang bisa Anda lihat di www.allianz.co.id. Anda bisa membantu orang-orang seperti Bang Dzoel dengan bergabung bersama Asuransi Syariah Allianz. Saling tolong menolong sesama dalam kebaikan dan mendatangkan keuntungan.